DO'A ILMU YANG BERMANFA'AT



logo
HEADLINE HARI INI
Heboh Foto Firli Bahuri Bertemu Mentan SYL di Tengah Isu Dugaan Pemerasan, Respons Dewas KPK?
HomeHot
Doa Ilmu yang Bermanfaat, Pahami Juga Dasar Hukum dan Adabnya
oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 09 Mei 2023, 09:15 WIB
Majas Perbandingan
Ilustrasi Mempelajari Majas Credit: pexels.com/pixabay
Advertisement

Copy Link
Liputan6.com, Jakarta Pengetahuan adalah salah satu harta paling berharga yang dapat dimiliki seseorang. Melalui pengetahuan kita mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita dan dunia di sekitar kita. Menuntut ilmu tidak hanya dianjurkan tetapi juga diperintahkan dalam Islam. Padahal, mencari ilmu dianggap sebagai bentuk ibadah dan diganjar pahala oleh Allah SWT.

Advertisement

Salah satu aspek terpenting dalam mencari ilmu adalah selalu mengingatkan diri sendiri akan pentingnya ilmu dan meminta petunjuk dan berkah dari Allah SWT. Di sinilah doa ilmu yang bermanfaat menjadi penting untuk dilakukan, sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan mencari bantuan dan bimbingan-Nya dalam segala hal, termasuk mengejar ilmu.

Dalam Islam, ada banyak doa ilmu yang bermanfaat, yang secara khusus berkaitan dengan mencari ilmu yang bermanfaat. Doa ilmu yang bermanfaat  ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk meminta petunjuk dan berkah, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya ilmu dalam kehidupan kita. Doa ilmu yang bermanfaat membantu kita untuk memfokuskan niat kita dan untuk mencari ilmu untuk alasan yang benar.

Lantas apa saja doa ilmu yang bermanfaat yang bisa dibaca? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (9/5/2023), bacaan doa ilmu yang bermanfaat lengkap dalam bahasa Arab, latin dan artinya, beserta dengan dasar hukum dan adabnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

5

Bacaan Doa Ilmu Yang Bermanfaat
Latihan Soal Cerdas Cermat
Ilustrasi pelajar yang sedang berlatih soal cerdas cermat. Credits: pexels.com by Zen Chung
Berikut adalah doa untuk memohon ilmu yang bermanfaat beserta terjemahan dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia:

اللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka 'ilman nafi'an, wa rizqan tayyiban, wa 'amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan baik, serta amal yang diterima."

 

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Rabbi zidni 'ilma warzuqni fahma.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku pemahaman."

 

اللهُمَّ اجْعَلْ عِلْمَنَا نَافِعًا وَاجْعَلْنَا مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma-j'al 'ilmana nafi'an wa-j'alna min 'ibadikal-salihin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah ilmu kami bermanfaat dan jadikanlah kami termasuk di antara hamba-hamba-Mu yang sholeh."

 

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِي أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ

Rabbi asyrah li sadri wa yassirli amri, wah-lul 'uqdatan min lisani, yafqahu qauli.

Artinya: "Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah simpul di lidahku, agar mereka mengerti ucapanku."

Semoga doa-doa tersebut dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus memohon ilmu yang bermanfaat dari Allah SWT.

Advertisement

Perintah Mencari Ilmu Dan Dalilnya 
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas. Photo by Max Fischer from Pexels)
Dalam agama Islam, perintah untuk mencari ilmu sangat ditekankan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ayat dalam Al-Quran dan hadits yang menekankan pentingnya ilmu dan penghormatan terhadap para ulama.

Berikut adalah beberapa dalil yang menunjukkan perintah untuk mencari ilmu dalam Islam:

Al-Quran surat Al-Mujadalah ayat 11:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT akan meninggikan orang-orang yang beriman dan memiliki ilmu pengetahuan dengan memberikan mereka derajat yang lebih tinggi di sisi-Nya.

Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 269:

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

“Allah memberikan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa diberi hikmah, maka sesungguhnya ia telah diberi kebajikan yang banyak. Dan tidak dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal.”

Ayat ini menunjukkan bahwa hikmah atau kebijaksanaan diberikan oleh Allah SWT kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang diberi hikmah, maka ia telah diberi kebajikan yang banyak. Namun, hanya orang-orang yang memiliki akal yang dapat mengambil pelajaran dari hikmah tersebut.

Hadits riwayat Abu Daud:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim.”

Hadits ini menunjukkan bahwa mencari ilmu adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim.

Hadits riwayat Al-Tirmidzi:

طَلَبُ الْعِلْمِ عِنْدَ الْمَهْدِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Mencari ilmu sejak lahir hingga mati wajib bagi setiap muslim.”

Hadits ini menunjukkan bahwa mencari ilmu tidak hanya menjadi kewajiban ketika seseorang sudah dewasa, tetapi sudah menjadi kewajiban sejak seseorang masih bayi atau sejak lahir.

Dari dalil-dalil di atas, dapat disimpulkan bahwa mencari ilmu merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan memiliki nilai yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan agama maupun dunia.

Mencari ilmu di sini tidak hanya terbatas pada ilmu agama, tetapi juga ilmu pengetahuan umum seperti sains, teknologi, kesehatan, dan lain sebagainya. Karena dengan memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam, seseorang dapat memberikan manfaat yang besar untuk dirinya sendiri dan juga untuk masyarakat sekitarnya.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, sangat penting untuk selalu bersemangat dalam mencari ilmu dan menuntut pengetahuan yang bermanfaat. Sebab, selain menjadi sebuah kewajiban, mencari ilmu juga merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 
Adab Mencari Ilmu Yang Bermanfaat dalam Islam
Dalam Islam, mencari ilmu pengetahuan memiliki adab-adab yang harus diikuti oleh setiap muslim. Hal ini karena ilmu pengetahuan tidak hanya berkaitan dengan aspek intelektual, tetapi juga mempunyai hubungan dengan aspek spiritual dan etika dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa adab mencari ilmu yang bermanfaat dalam Islam:

1. Niat yang ikhlas
Sebelum memulai mencari ilmu, setiap muslim harus memulainya dengan niat yang ikhlas semata-mata untuk menambah pengetahuan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini diingatkan dalam sebuah hadits yang menyatakan bahwa "Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan niatnya".

2. Mencari ilmu dari sumber yang sahih
Setiap muslim yang mencari ilmu harus memastikan bahwa sumber yang digunakan untuk menambah pengetahuan itu sahih dan akurat. Hal ini penting untuk mencegah adanya kesalahan atau kekeliruan dalam memahami suatu ilmu.

3. Menghormati guru atau pengajar
Seorang muslim yang sedang belajar harus menghormati guru atau pengajar yang memberikan ilmu pengetahuan kepadanya. Hal ini dikarenakan guru merupakan sumber pengetahuan yang sangat berharga dan sudah memiliki pengalaman dalam bidang ilmunya.

4. Sabar dan tekun dalam belajar
Mencari ilmu tidaklah mudah, karena membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, setiap muslim harus bersabar dan tekun dalam belajar agar dapat menguasai ilmu pengetahuan dengan baik.

5. Mengamalkan ilmu yang diperoleh
Setelah mendapatkan ilmu pengetahuan, setiap muslim harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat meningkatkan kebermanfaatan dari ilmu yang diperoleh serta memperbaiki kualitas diri dalam kehidupan bermasyarakat.

6. Menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat
Setiap muslim yang telah memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat juga harus menyebarluaskannya kepada orang lain. Hal ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang dan dapat dijadikan sebagai amal jariyah yang terus mengalir pahalanya di akhirat.

Dengan memperhatikan adab-adab mencari ilmu yang bermanfaat dalam Islam, setiap muslim diharapkan dapat memperoleh pengetahuan yang benar dan bermanfaat, serta dapat menjadikannya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas hidup di dunia.

Advertisement

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

BACA JUGA
7 Doa Belajar dan Artinya Agar Tidak Mudah Lupa dan Dapat Keberkahan Ilmu
30 Doa Ulang Tahun untuk Anak, Semoga Dipanjangkan Umurnya
Doa untuk Hari Guru dan Terjemahannya, Penuh Harapan Mendalam
https://www.liputan6.com/hot/read/5280652/doa-ilmu-yang-bermanfaat-pahami-juga-dasar-hukum-dan-adabnya?utm_source=Mobile&utm_medium=copylink&utm_campaign=copylink
Copy Link
Tag Terkait
Doa Ilmu Yang Bermanfaat
Adab Mencari Ilmu
Perintah Mencari Ilmu dalam islam
More Tag
img
00:50
img
05:05
img
09:34
img
09:44
img
11:39
img
00:50
img
05:05
img
09:34
img
09:44
img
11:39
img
00:50
img
05:05
img
09:34
img
09:44
img
11:39
Lihat Selengkapnya
Rekomendasi
Kredit2
DINI SERA AFRIANTI
Suasana rumah duka Dini, di Sukabumi. Korban penganiayaan pacar anak anggota DPR RI (Liputan6.com/Istimewa)
BERITA PILIHAN5 jam lalu
Dini Sera Afrianti Korban Penganiayaan Anak Anggota DPR Dimakamkan di Sukabumi
Dini Sera Afrianti (29) menjadi korban dugaan penganiayaan hingga tewas yang dilakukan oleh anak anggota DPR RI fraksi PKB Gregorius Ronald Tannur (31) di Surabaya, Jawa Timur. (TikTok)
BERITA PILIHAN10 jam lalu
Putra Anggota DPR Aniaya Pacar hingga Tewas, MKD Akan Gelar Rapat Internal
Beredar Video Diduga Dini Sera Afrianti Tergeletak di Lantai Parkiran Sebelum Tewas Dianiaya (doc: Twitter.com)
BERITA PILIHAN12 jam lalu
Beredar Video Diduga Dini Sera Afrianti Tergeletak di Lantai Parkiran Sebelum Tewas Dianiaya
Dini Sera Afrianti (29) menjadi korban dugaan penganiayaan hingga tewas yang dilakukan oleh anak anggota DPR RI fraksi PKB Gregorius Ronald Tannur (31) di Surabaya, Jawa Timur. (TikTok)
BERITA PILIHAN12 jam lalu
7 Fakta Dini Sera Afrianti yang Tewas Jadi Korban Penganiayaan Pacar Anak Anggota DPR
Dini Sera Afrianti (29) menjadi korban dugaan penganiayaan hingga tewas yang dilakukan oleh anak anggota DPR RI fraksi PKB Gregorius Ronald Tannur (31) di Surabaya, Jawa Timur. (TikTok)
BERITA PILIHAN12 jam lalu
Hasil Autopsi Dini Sera Afrianti: Ada Luka Memar di Kepala Belakang, Paru dan Hati Memar
Sebelum T*was Dianiaya, Dini Sera Afrianti Acap Unggah Konten Bermesraan dengan Anak Anggota DPR01:57
BERITA PILIHAN12 jam lalu
VIDEO: Sebelum T*was Dianiaya, Dini Sera Afrianti Acap Unggah Konten Bermesraan dengan Anak Anggota DPR
TOPIK POPULER
#DINI SERA AFRIANTI#SYAHRUL YASIN LIMPO#LIGA CHAMPIONS#BRI LIGA 1#ASIAN GAMES 2023
SYAHRUL YASIN LIMPO
Beredar foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
BERITA PILIHAN6 jam lalu
HEADLINE: Heboh Foto Firli Bahuri Bertemu Mentan SYL di Tengah Isu Dugaan Pemerasan, Respons Dewas KPK?
Beredar foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
BERITA PILIHAN8 jam lalu
Soal Pertemuan Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo, KPK Serahkan ke Dewan Pengawas
Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo terjerat dugaan kasus korupsi. Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023...11:39
BERITA PILIHAN9 jam lalu
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Terjerat Dugaan Korupsi
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dikabarkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Kabar penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka ini ramai usai tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meng...45:14
BERITA PILIHAN9 jam lalu
Nasib Syahrul Yasin Limpo di Ujung Tanduk
Syahrul Yasin Limpo menambah daftar panjang menteri Jokowi yang terjerat kasus korupsi. Di Kabinet Indonesia Maju saja  sudah ada empat menteri, dua di antaranya berasal dari Partai Nasdem. Benarkah ini semua terkait kontestasi jelang Pemilu 2024.08:41
BERITA PILIHAN9 jam lalu
VIDEO: SYL Menambah Daftar Menteri Jokowi yang Terjerat Korupsi, Politisasi Jelang Pemilu 2024?
Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian. Presiden segera mengeluarkan Kepres dan menunjuk pengganti Syahrul Yasin Limpo.01:56
BERITA PILIHAN9 jam lalu
VIDEO: Syahrul Yasin Limpo Resmi Mundur sebagai Menteri Pertanian dari Kabinet Jokowi
POPULER
1ISLAMI
Kisah Santri Selamatkan Polisi Sukitman di Lubang Buaya pada Malam G30S PKI
2LIGA INGGRIS
Dipecat Manchester United, Erik Ten Hag Bisa Kembali ke Ajax
3ISLAMI
Gus Iqdam Bagikan Amalan Mudah Pelunas Utang, Perbanyak Baca di Hari Jumat
4LIGA INGGRIS
Jadon Sancho Dibuang, Manchester United Temukan Penggantinya dari Asia
5PERISTIWA
Beredar Foto Ketua KPK Firli Bahuri Bertemu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
6HOT
Viral Kamar Kos Penuh Sampah Hingga Banjir, Netizen: Hoarding Disorder Ini
7HOT
Viral, Pria Ini Jemur Baju 30 Menit Langsung Kering di Semarang, Panas Banget
8LIGA INGGRIS
Manchester United Akui Sudah Paham Kelemahan Andre Onana Sehingga Selalu Jadi Target Tim Lawan
9PERISTIWA
Putra Anggota DPR Aniaya Pacar hingga Tewas, MKD Akan Gelar Rapat Internal
10SELEBRITIS
Jessica Wongso Merana Jelang Ultah 9 Oktober 2023: Tak Usah Mikirin Ulang Tahun, Saya Pengin Keluar
LIGA CHAMPIONS
Manchester United menelan kekalahan 2-3 dari Galatasaray pada laga kedua Grup F Liga Champions di Old Trafford, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB. (AFP/Darren Staples)
BERITA PILIHAN12 jam lalu
Manchester United Loyo, Paul Scholes Sangat Khawatir dengan Kualitas Bintang MU yang Terus Menurun
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
BERITA PILIHAN17 jam lalu
Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap Liga Champions 2023/2024
Striker Manchester United (MU), Rasmus Hojlund, merayakan gol pertamanya ke gawang Galatasaray dalam laga matchday kedua Liga Champions 2023/2024 di Old Trafford, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB. Sayang, MU harus kalah 2-3 dalam pertandingan ini. (AP Photo/Dave Thompson)
BERITA PILIHAN19 jam lalu
5 Fakta Menarik Striker Gacor Baru Manchester United Rasmus Hojlund: Sudah Jadi Fans MU Sejak Kecil
Pelatih kepala Manchester United, Erik ten Hag memberikan arahan saat laga pekan pertama Liga Inggris 2023/2024 melawan Wolverhampton di Old Trafford, Manchester, Selasa (15/08/2023) WIB. (AP Photo/Rui Vieira)
BERITA PILIHAN1 hari lalu
Eks Striker Ajax Ungkap Rencana Gila untuk Erik ten Hag Bila Dipecat Manchester United
Satu-satunya serangan tim tamu yang berhasil bersarang ke gawang Newcastle adalah gol dari Lucas Hernandez (56’). (FRANCK FIFE / AFP)
BERITA PILIHAN1 hari lalu
Hajar PSG di Liga Champions, Bek Newcastle Sempat Kaget dan Kecewa Putranya Malah Dukung Mbappe
Mulai dari Newcastle permalukan PSG di Liga Champions hingga Erik Ten Hag masih pede tangani MU, berikut sejumlah berita menarik News Flash Sport Liputan6.com.06:57
BERITA PILIHAN1 hari lalu
Newcastle Permalukan PSG di Liga Champions, Erik Ten Hag Masih Pede Tangani MU
Berita Terbaru
Dikabarkan Sakit dan Dirawat di Singapura, Jubir Klarifikasi Kondisi Menko Luhut
Dikabarkan Sakit dan Dirawat di Singapura, Jubir Klarifikasi Kondisi Menko Luhut
Tak Ada Pidana, Ibu dan Anak di Cinere Depok Tewas Akibat Kekurangan Oksigen
Tak Ada Pidana, Ibu dan Anak di Cinere Depok Tewas Akibat Kekurangan Oksigen
Pandawara Ikut Bersihkan Pantai Loji Usai Bertemu Kades dan Karang Taruna Desa Sangrawayang, Kumpulkan 100 Ton Sampah dalam 3 Hari
Pandawara Ikut Bersihkan Pantai Loji Usai Bertemu Kades dan Karang Taruna Desa Sangrawayang, Kumpulkan 100 Ton Sampah dalam 3 Hari
Marc Marquez Gabung Gresini Ducati di MotoGP 2024, Apa Kata Francesco Bagnaia?
Marc Marquez Gabung Gresini Ducati di MotoGP 2024, Apa Kata Francesco Bagnaia?
Pandawara Group Bareng Ratusan Relawan Bersihkan Pantai Cibutun Loji Sukabumi
Pandawara Group Bareng Ratusan Relawan Bersihkan Pantai Cibutun Loji Sukabumi
Istri Sir Alex Ferguson Meninggal, MU Berduka dan Kibarkan Bendera Setengah Tiang di Old Trafford
Istri Sir Alex Ferguson Meninggal, MU Berduka dan Kibarkan Bendera Setengah Tiang di Old Trafford
Kisah Sedih Gus Iqdam saat Nyantri di Ploso, Hidayah Wafatnya Guru
Kisah Sedih Gus Iqdam saat Nyantri di Ploso, Hidayah Wafatnya Guru
Pensiun November 2023, Panglima TNI Yudo Margono Akan Bertani
Pensiun November 2023, Panglima TNI Yudo Margono Akan Bertani
Mengapa Nanas Bisa Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak?
Mengapa Nanas Bisa Bantu Anda Tidur Lebih Nyenyak?
Sudah 270 Hektare Lahan TN Way Kambas Ludes Terbakar, Pemadam Terkendala Sulitnya Medan
Sudah 270 Hektare Lahan TN Way Kambas Ludes Terbakar, Pemadam Terkendala Sulitnya Medan
Persiapan Sispamkota Pemilu 2024, Polres Pemalang Simulasi Situasi Ricuh
Persiapan Sispamkota Pemilu 2024, Polres Pemalang Simulasi Situasi Ricuh
Butik Premium Perabotan Tidur Terbesar Dibuka di PIK2, Kampanyekan Pentingnya Tidur Berkualitas
Butik Premium Perabotan Tidur Terbesar Dibuka di PIK2, Kampanyekan Pentingnya Tidur Berkualitas
BRI LIGA 1
Pemain Persib Bandung, David Da Silva bersama kedua anaknya sebelum dimulainya laga lanjutan pekan ke-3 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung melawan Dewa United FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (14/07/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
BERITA PILIHAN6 jam lalu
BRI Liga 1: Persib Tantang Persebaya, Bojan Hodak Candu Lihat David da Silva Cetak Hattrick
Borneo FC berhasil merebut 3 poin penuh saat tandang ke markas Arema FC pada pekan ke-15 BRI Liga 1 (X/Borneo FC)
BERITA PILIHAN9 jam lalu
Hasil BRI Liga 1: Borneo FC Tekuk Arema FC, Dewa United Sikat PSS Sleman
BRI Liga 1 2021/2022 (Liputan6.com/Abdillah)
BERITA PILIHAN13 jam lalu
Hasil BRI Liga 1 2023/2024: RANS Nusantara Hajar PSIS Semarang
Selebrasi pemain Persija Jakarta, Marko Simic setelah menjebol gawang Persib Bandung pada laga pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)
BERITA PILIHAN15 jam lalu
Jadwal BRI Liga 1 2023/2024 Pekan ke-15: Persija Jakarta vs Barito Putera, Persebaya vs Persib Bandung
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter (Bola.com/Adreanus Titus)
BERITA PILIHAN17 jam lalu
Jadwal dan Link Streaming BRI Liga 1 Pekan 15 di Vidio
Jadwal dan Live Streaming BRI Liga 1 RANS vs PSIS Semarang di Vidio
BERITA PILIHAN20 jam lalu
Link Live Streaming BRI Liga 1 RANS Nusantara FC vs PSIS Semarang di Vidio
ASIAN GAMES 2023
Perwakilan atlet, ofisial dari cabang olahraga Renang, voli indoor, hockey, modern pentathlon, wushu, taekwondo, anggar, judo, rowing, tennis, skateboard dan tinju serta tim Chef de Mission (CdM) ikut ambil bagian dalam defile upacara pembukaan. (AP Photo/Lee Jin-man)
BERITA PILIHAN9 jam lalu
Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2023, Indonesia di Peringkat Berapa?
Tim dragon boat menyumbang medali emas ketujuh untuk Indonesia di Asian Games Hangzhou (Dok NOC Indonesia)
BERITA PILIHAN15 jam lalu
Indonesia Raih Emas Ketujuh di Asian Games 2023 Lewat Dragon Boat
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting lolos ke perempat final cabang bulu tangkis perorangan Asian Games 2023. Anthony Ginting menang 21-14 dan 21-18 atas Jia Heng Jason Teh dari Singapura di Binjiang Gymnasium, China, Rabu (4/10). (foto: PBSI)
BERITA PILIHAN19 jam lalu
Top 3 Berita Bola: Hasil Bulu Tangkis Asian Games 2023: Siapa Lolos ke Semifinal?
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi Aya Ohori dari Jepang di perempat final cabang bulu tangkis nomor perorangan Asian Games 2023. Pertandingan ini akan dimainkan di Binjiang Gymnasium, China, Rabu, 4 Oktober 2023. (foto: PBSI)
BERITA PILIHAN1 hari lalu
Hasil Bulu Tangkis Asian Games 2023, Kamis 5 Oktober: Siapa Lolos ke Semifinal?
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung mengembalikan kok ke arah pemain India, Pusarla V Sindhu di babak 16 besar Bulutangkis Tunggal Putri Asian Games 2018 di Istora Kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (25/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
BERITA PILIHAN1 hari lalu
Hasil Asian Games 2023: Gregoria Tumbang, Sejarah Kelam Bulu Tangkis Indonesia di Hangzhou
Foto kombinasi tim perahu naga Indonesia putra (bawah) dan putri (atas) saat meraih medali perak Asian Games 2023. (AP Photo/Eugene Hoshiko)5
BERITA PILIHAN1 hari lalu
Tim Perahu Naga Indonesia Persembahkan 2 Perak Asian Games 2023
Berita Terkini Selengkapnya
Loading

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIDAK IKUT-IKUTAN MERAYAKAN PERINGATAN PERGANTIAN TAHUN BARU!

5 PESAN YANG BISA MEMBUAT KITA BERSYUKUR KARENA BELUM DIBERI KETURUNAN

Peristiwa Apa Saja yang Terjadi pada Tanggal 10 Muharram?