Peristiwa Apa Saja yang Terjadi pada Tanggal 10 Muharram?

Umat Muslim perlu tahu peristiwa apa saja yang terjadi pada tanggal 10 Muharram. Tanggal 10 Muharram jadi waktu yang istimewa. Berbagai peristiwa penting terjadi di tanggal ini.
Peristiwa apa saja yang terjadi pada tanggal 10 Muharram?

Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang memiliki limpahan pahala dan pintu taubat yang diberikan Allah SWT.

Tepat di tanggal 10 Muharram pula, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa sunah Asyura. Allah SWT akan mengampuni dosa setahun lalu orang yang berpuasa Asyura.

Lantas, apa saja kelebihan di tanggal 10 Muharram ini yang lantas membuatnya jadi istimewa? Berikut beberapa peristiwa penting pada tanggal 10 Muharram.

1. Pertaubatan Nabi Adam AS
Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT.

Semula, Nabi Adam AS ditempatkan di Surga. Namun dia melanggar larangan Allah dengan memakan buah khuldi hingga diturunkan ke Bumi.

Pertaubatan Nabi Adam AS disebut dilakukan pada 10 Muharram. Di hari itu juga Allah SWT menerima taubat Nabi Adam AS.

2. Kapal Nabi Nuh berlabuh
Berlabuhnya kapal Nabi Nuh jadi salah satu pertistiwa penting pada tanggal 10 Muharram.
Umat Muslim perlu tahu peristiwa apa saja yang terjadi pada tanggal 10 Muharram. Salah satunya adalah saat kapan Nabi Nuh berlabuh.

Pada 10 Muharram, kapal Nabi Nuh berlabuh di bukit Zuhdi setelah melalui banjir bandang yang melanda saat itu. Ini juga menjadi penanda Nabi Nuh dan pengikutnya yang masih beriman selamat dari banjir bandang yang menghanyutkan hingga membinasakan banyak makhluk.

3. Nabi Ibrahim selamat dari siksa Raja Namrud
Nabi Ibrahim pernah disiksa oleh Raja Namrud, bahkan hingga dibakar hidup-hidup. Namun dengan kekuasaan Allah SWT, api yang membakar Nabi Ibrahim menjadi dingin dan berhasil menyelamatkan.

4. Nabi Yusuf bebas dari penjara
Nabi Yusuf terkenal dengan wajah dan paras rupawan. Meski demikian, dia pernah dipenjara di Mesir atas fitnah keji yang tidak dilakukannya.

Di tanggal ini, dia bebas dari penjara tersebut.

5. Nabi Yunus keluar dari perut ikan paus
Nabi Yunus pernah dimakan hidup-hidup oleh ikan paus. Dia pun hidup berhari-hari di dalam perut ikan tersebut. Hingga pada 10 Muharram, ikan tersebut memuntahkan Nabi Yunus dari perutnya.

6. Nabi Ayyub sembuh dari penyakit
Nabi Ayyub pernah mendapat ujian yang menyedihkan berupa penyakit menjijikan. Ia mengalami borok di sekujur tubuhnya yang tak kunjung sembuh.

Dengan kesabarannya, Nabi Ayyub bahkan tidak berani membunuh belatung yang menempel di tubuhnya. Tepat di tanggal ini, Allah SWT menyembuhkan Nabi Ayyub.

7. Nabi Musa selamat dari Firaun
Peristiwa apa saja yang terjadi pada tanggal 10 Muharram? Yang terakhir adalah selamatnya Nabi Musa dari Firaun.

Di tanggal ini, Nabi Musa dan kaum Bani Israil selamat dari serangan kerajaan Firaun di Laut Merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIDAK IKUT-IKUTAN MERAYAKAN PERINGATAN PERGANTIAN TAHUN BARU!

5 PESAN YANG BISA MEMBUAT KITA BERSYUKUR KARENA BELUM DIBERI KETURUNAN