AKIBAT DARI ZINA DALAM KELUARGA

AKIBAT DARI ZINA DALAM KELUARGA

Zina merupakan perbuatan tercela dan dilarang dalam Islam. Ada banyak masalah muncul dan dampaknya akan dirasakan bukan hanya pada para pelaku zina, namun juga keluarganya. Apa saja dampak zina bagi keluarga?

Allah SWT telah melarang umat Islam melakukan perbuatan zina. Sebagaimana telah disampaikan-Nya lewat Al-Quran surat Al-Isra’ ayat 32 yang berbunyi:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk."

Untuk mengetahui dampak zina bagi keluarga, simak penjelasan lengkap berikut ini untuk menemukan jawabannya.

Zina sebagai hubungan persetubuhan antara laki-laki dan wanita di luar ikatan perkawinan yang sah menurut agama. Dalam Al-Quran, pelaku zina bahkan dikenakan hukuman berupa rajam dan dera.

Hukuman tersebut tercantum dalam firman Allah surat An-Nur ayat 2 yang berbunyi:

اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖوَّلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۚ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya: “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya di dalam (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman."

Ada banyak dampak negatif dari perbuatan ini bahkan sampai ke keluarga.

Berikut tiga dampak zina bagi keluarga yang sangat berbahaya:

1. Hilangnya harga diri di masyarakat
Pada negara yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesusilaan, perbuatan ini dianggap sangat tercela. Pelakunya akan dicap buruk oleh masyarakat.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada nama baik keluarga yang telah tercoreng karena perbuatan tersebut. Harga diri dan martabat mereka di masyarakat pun akan hilang.

2. Menghancurkan masa depan anak hasil hubungan zina
Apabila zina dilakukan oleh orang yang sudah berkeluarga, keturunan yang sah akan terkena dampak negatifnya. Selain itu, anak yang lahir dari perzinaan, tak sedikit yang kurang beruntung.

Hal ini karena ‘orang tua’ pelaku zina lepas dari tanggung jawab. Misalnya melakukan aborsi, atau menitipkannya ke panti asuhan sejak bayi, dan lain sebagainya.

Kalau pun dibesarkan oleh keluarga di salah satu pelaku zina, cap ‘anak haram’ terkadang tak bisa lepas dari mereka. Mental mereka akan hancur dan tak sedikit yang melampiaskannya lewat perilaku-perilaku menyimpang.

3. Menyebabkan hancurnya rumah tangga
Keharmonisan rumah tangga para pelaku zina yang sudah menikah akan hancur. Mereka tak akan bisa menghindari pertikaian karena adanya perselingkuhan tersebut.

Tak sedikit pasangan suami istri yang bercerai akibat adanya perselingkuhan. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi keluarga, terlebih yang sudah memiliki anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIDAK IKUT-IKUTAN MERAYAKAN PERINGATAN PERGANTIAN TAHUN BARU!

5 PESAN YANG BISA MEMBUAT KITA BERSYUKUR KARENA BELUM DIBERI KETURUNAN

Peristiwa Apa Saja yang Terjadi pada Tanggal 10 Muharram?